Penutupan Layanan CBN Cable Internet (Wed, Jun 4 2014)
  NEWS | TECH |TRAVEL |SHOPPING |ENTERTAINMENT |HEALTH |MAN |WOMAN| MAP |  
 
Hot Topic | Home & Living | Your Tips | Fashion | Beauty | Cooking | Love | Smart Woman | Child Info
 
   
Child Consultation  
 




Suara serak
Child Consultation Fri, 25 Nov 2005 00:00:00 WIB


Question:

Selamat siang dok

Saya mempunyai seorang putri berumur 19 bulan. Akhir-akhir ini (kurang lebih 1 minggu) tiba2-tiba suaranya serak. Tapi hal ini tidak mempengaruhi aktifitasnya. Dia tetap lincah berlari-lari, melompat ataupun naik turun tangga. Badannya pun tidak panas.

Kemarin pagi bangun tidur, mulutnya penuh dengan sariawan putih-putih.
Karena khawatir, kemarin sore saya bawa ke dokter. Katanya sih nggak apa-apa. Kemudian dikasih sirup tetes Candistin untuk seraknya dan puyer untuk sa


woro ~ Yogyakarta     

Answer:

Dear Woro ... Ibunda Nida tersayang...

Terimakasih atas email dan pertanyaanmu... gak apa-apa kok kalo nanyanya borongan... hari gini kan jamannnya grosiran. He.... he... Saya senang kok kan artinya saya dipercaya ...

Sariawan itu sebenarnya ada dua makna dalam bahasa awam bila diterjemahkan ke dalam bahasa medis.

Pertama sariawan dalam bahasa awam dapat berupa aphtae yaitu suatu kedaan terdapat luka di selaput lendir rongga mulut (lidah, pipi, langit-langit, dinding kerongkongan sebelah atas). Luka itu yang terasa nyeri dan kadang mengganggu akan menghilang antara 3-5 hari. Penyebabnya belum diketahui tetapi umumnya karena infeksi virus.

Namun demikian ... terdapat bermacam-macam hal yang mempengaruhinya. Bisa karena trauma/perlukaan (tergigit, atau tergores sikat gigi), stress, ketidak seimbangan hormon (biasanya pada wanita mengikuti siklus menstruasi), makanan-makanan tertentu (seperti coklat, kopi, kacang-kacang yang segolongan dengan kacang tanah, tomat (termasuk kulitnya), sereal, tepung gluten, almon,serta asam benzoat, merokok tembakau (orang yang merokok tembakau resikonya lebih rendah).

Ada pula sariawan yang berupa terdapatnya lembaran-lembaran putih pada lidah, yang bila dikerok lembaran tersebut maka akan tampak permukaan lidah yang memerah. Sariawan yang seperti ini dalam bahasa medisnya dinamakan infeksi jamur kandida pada selaput lender mulut (oral candidiasis).

Penyebab sariawan yang seperti ini tentu saja sesuai namanya yaitu jamur kandida, suatu jamur yang memang tinggal di rongga mulut. Jamur ini sebenarnya tidak berbahaya, karena akan menjaga keseimbangan flora yang ada di rongga mulut kita (mulut kita ini banyak kumannya lo Woro).

Akan tetapi terdapat keadaan yang dapat menyebabkan jamur tersebut jadi berkembang biak melebihi jumlah seharusnya sehingga menutupi lidah hingga putih. Bila daya tahan tubuh menurun, tubuh tidak mampu mengendalikan jamur tersebut, biasanya ini terjadi saat anak menderita sakit yang agak lama. Kebersihan mulut yang tidak dijaga, bila terdapat sisa-sisa makan didalam mulut, jamur jadi senang disana dan berkembang biak jadinya.

Bisa juga disebabkan karena penggunaan antibiotik yang terlalu lama dan seringnnya tidak tepat (salah satu penjaga keseimbangan flora adalah bakteri, kalau bakterinya dimatikan maka tidak ada yang akan mengendalikan kuman). Sekali lagi ... umumnya akan membaik dengan sendirinya kecuali yang bersangkutan mengalami kelainan penurunan daya tahan tubuh misalnya anak yang menderita keganasan, anak yang memperoleh terapi anti kanker, anak yang memperoleh terapi steroid jangka panjang. Kalau berat ... bisa dipertimpangkan pemberian obat anti jamur untuk amannya diberikan golongan statin yaitu nystatin (Candistin salah satu mereknya).

Setelah pemberian obat ini sesuai dosis gejala akan semakin berkurang dan akan sembuh kembali. Untuk mencegah terulangnnya sariawan seperti ini terjadi kembali maka hal-hal yang dapat menyebabkan perkembangbiaknya jamur tersebut diatas harus diperhatikan.

Suara serak pada anak dapat disebabkan bermacam-macam hal. Suara serak terjadi karena ada sesuatu yang menganggu di pita suara anak ibu. Gangguan itu bisa karena infeksi atau bukan infeksi.

Infeksi apa? Kebanyakan sih infeksi virus misalnya croup yang menyebabkan pembengkakan pita suara sehingga suara serak ... juga disertai batuk yang menggongngong alias barking. Selain itu, suara juga serak akibat adanya sekret (lendir kental) yang menutupi pita suara misalnya pada saat anak ibu flu atau batuk pilek atau sedang radang pernapasan.

Penyebab non infeksi? Alergi, atau bisa juga akibat penggunaan yang berlebihan dalam waktu singkat misalnya karena anakmu terlalu banyak berteriak atau batuk-batuk kuat yang berulang. Biasanya serak demikian akan menghilang sendiri setelah beberapa lama dan umumnya tidak membutuhkan.antibiotik, cukup istirahat dan banyak minum untuk mengencerkan sekret yang menutupi pita suara tersebut. Jadi ... tindakanmu sudah benar kok Woro ... Bravo!!

Oh ya ... sebaiknya Woro menjaga agar anakmu tidak makan-makanan yang dapat menimbulkan peradangan (permen, es lilin, coklat, goreng-gorengan). Peluk cium untuk anakmu ya

wati




Other articles

Berat Badan Anak
Tue, 22 Nov 2005 00:00:00 WIB
jadwal makanan bayi 6 bln
Tue, 22 Nov 2005 00:00:00 WIB
sariawan
Tue, 22 Nov 2005 00:00:00 WIB

 

 
www.duniafitnes.com Nonblok.com CBN SuaraMerdeka
 
 
5,3

juta perempuan penderita menopause dengan 68% di antara mereka merasakan gejala biologis klimaterik yang merupakan gejala bawaan


(Bisnis Indonesia)

 
Gallery Batita
 
Wed, 04 Dec 2013 10:49:00 WIB
Talitha Ailsa Mustakim

Send Your Profile
More Profiles
 
Smart Woman
 
Tue, 06 Nov 2012 13:11:00 WIB
Djenar Maesa Ayu