Penutupan Layanan CBN Cable Internet (Wed, Jun 4 2014)
  NEWS | TECH |TRAVEL |SHOPPING |ENTERTAINMENT |HEALTH |MAN |WOMAN| MAP |  
 
Hot Topic | Nutrition | Fit & Famous | Work Out | Natural Healing | Health Info | Medical Directory | Narkoba
 
   
work out  
 




Senior

Pentingnya Pemanasan bagi Persendian
work out Fri, 16 May 2008 10:46:00 WIB

Ada tiga komponen kunci dari berolahraga. Selain latihan inti, pemanasan dan pendinginan juga tak kalah tenting. Urutan tersebut harus dilakukan secara cukup dan tidak boleh ada yang ditinggaikan.

Ada dua alasan mengapa kita sebaiknya melakukan pemanasan sebelum latihan inti. Pertama, untuk mempersiapkan otot-otot jantung. Kedua, untuk meregangkan otot-otot pada kerangka badan.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan berat secara tiba-tiba tidaklah bijaksana.

Pada beberapa jenis olahraga, peningkatan aliran darah ke jantung dan otot-otot terjadi secara mendadak. Jadi, setiap kali berolahraga, apa pun macamnya, sebaiknya dimulai dari pemanasan, latihan inti, dan diakhiri dengan pendinginan.

Pemanasan otot sebaiknya termasuk peregangan statis dari grup, otot-otot besar yang akan digunakan dalam latihan. Pemanasan untuk latihan keras dan sedang sebaiknya termasuk jalan kaki dua sampai lima menit, joging, dan latihan ringan.

Pendinginan dilakukan segera setelah latihan inti. Sebaiknya terdiri dari gerakan-gerakan yang sama dengan pemanasan, sehingga memungkinkan terjadinya penurunan bertahap denyut jantung. Peregangan sebaiknya mencakup otot-otot yang digunakan dalam latihann inti.

Berikut contoh-contoh pemanasan dan pendinginan sebelum latihan aerobik.

• Peregangan ke samping

Berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar bahu, kemudian condongkan badan ke samping. Raihlah ke bawah dengan lengan pada sisi itu dan raihlah ke atas di atas kepala dengan lengan di sebelah lain.

Dengan beban berat badan, regangkan otot pada waktu Anda mencondongkan badan ke samping. Jangan memutar atau membongkokkan punggung. Tahan, kemudian ulangi ke sisi yang lain.

• Peregangan untuk pinggul dan ekstensor punggung

Tidurlah telentang. Bengkokkan satu kaki dan peganglah paha di bawah lutut. Tariklah ke arah dada. Kaki yang lain lurus dan berada di lantai. Tahan. Ulangi dengan kaki yang lain.

• Peregangan otot trisep

Angkatlah lengan kanan ke atas dan raihlah tulang punggung (seperti kalau akan menarik ritsluiting). Dengan tangan kiri, doronglah siku kanan ke bawah dan tahan. Kemudian ganti posisi lengan dan ulangi.

• Pemanasan untuk kardiovaskular

Sebelum Anda berolahraga, lakukan joging perlahanlahan atau jalan kaki selama kurang lebih 2 menit. Setelah selesai, lakukan juga hal yang sama.

Oleh:
Dr. Sadoso Sumosardjuno, Sp.KO.
Spesialis Kedokteran Olahraga

Sumber: Senior




Other articles

Tetap Nyaman Usai Latihan
Fri, 09 May 2008 11:35:00 WIB
Latihan yang Baik untuk Pantat
Fri, 18 Apr 2008 10:45:00 WIB
Cara Lain Kuatkan Otot Perut
Fri, 11 Apr 2008 10:45:00 WIB

 

 
SuaraMerdeka Senior www.duniafitnes.com www.sixreps.com
 
 
40%
kematian di usia muda pada orang dewasa disebabkan oleh kanker


 
Health Tips
 
Thu, 18 Dec 2014 10:01:00 WIB
Tips Makan Banyak dan Tetap Langsing Saat Natal

 
Alternatif
 
Fri, 19 Dec 2014 15:14:00 WIB
Madu Terbukti Ampuh Sembuhkan Sariawan

 
Natural Healing
 
Sat, 20 Dec 2014 15:18:00 WIB
Lima Rahasia Sehat Buah Mulberi