Penutupan Layanan CBN Cable Internet (Wed, Jun 4 2014)
  NEWS | TECH |TRAVEL |SHOPPING |ENTERTAINMENT |HEALTH |MAN |WOMAN| MAP |  
 
Hot Topic | Nutrition | Fit & Famous | Work Out | Natural Healing | Health Info | Medical Directory | Narkoba
 
   
Health News  
 




Senior

Mengapa Banyak Dahak Terus?
Health News Mon, 15 Sep 2008 11:29:00 WIB

Ada pembaca muda yang terganggu oleh dahak yang tertahan di tenggorokan bila berteriak atau tertawa, meski sudah berobat selama setahun. Apa yang harus dilakukan? ikuti jawaban Dr. Handrawan Nadesul berikut ini.

"Saya mahasiswa, umur 18, sejak dua tahun lalu sering tersendat oleh dahak berwarna putih yang tertahan di tenggorokan. Dahak berlebihan jika saya berteriak atau tertawa, dan bekerja keras. Dahak tertahan di tenggorokan dan sulit dikeluarkan. Jika tidak dahak tak keluar dan keadaan saya baik-baik saja.

Saya pernah berobat ke dokter, dinyatakan kena paru-paru basah, dan sudah selesai berobat satu tahun. Pertanyaan saya:
1. Apa yang harus saya lakukan, karena kondisi ini mengganggu pergaulan dan kegiatan saya?
2. Adakah obat tradisional yang bisa dikonsumsi dan pantangan?
3. Apa yang menyebabkan saya bersin-bersin ketika bangun tidur?
4. Apa saran dan tip dari Dokter?
Salam sehat selalu, Dok! "

LS., Aceh

Bakat alergi dan infeksi paru
Halo, I.S. di Aceh.

Saya menangkap apa yang terjadi pada diri Anda. Yang dapat saya simpulkan dari keluhan, riwayat penyakit, dan kondisi yang pernah Anda alami, Anda mengidap dua hal. Pertama bakat alergi, dan kedua ada riwayat infeksi paru-paru spesifik.

1. Orang yang mengidap bakat alergi bisa bermacam-macam manifestasi reaksi alerginya. Pada diri Anda muncul sebagai dahak diproduksi berlebihan oleh saluran pernapasan.

Produksi dahak berlebihan dipicu oleh kegiatan berteriak, tertawa, dan berbicara keras. Ada rangsangan pada saluran pernapasan atas ketika melakukan kegiatan semacam itu. Rangsangan itu yang meningkatkan produksi lendir di dalam pipa pembuluh saluran napas atas.

Produksi lendir saluran pernapasan yang berlebihan tentu menghambat derasnya aliran udara. Semakin deras turbulensi aliran udara memasuki pipa pernapasan atas, semakin memicu produksi lendir di dalam saluran. Seperti itu kejadian manifestasi asma.

Asma tergolong penyakit alergi. Sehabis serangan asma, produksi lendir saluran pernapasan meningkat, sehingga banyak lendir yang harus dikeluarkan. Memang tidak selalu mudah dikeluarkan dap perlu obat pengencer lendir.

Semakin kental lendir, semakin sukar dibuang keluar. Perlu tenaga dorong, lewat batuk atau paksaan, agar lendir keluar. Itu pun belum seluruhnya, sehingga sering berkepanjangan.

Rangsangan peningkatan produksi lendir pipa saluran napas atas pada yang berbakat alergi, bukan cuma muncul sehabis melakukan kegiatan seperti yang Anda alami. Bisa juga oleh pengaruh makanan dan minuman, selain gas (asap solar), parfum, asap obat nyamuk, atau bebauan tertentu lain.

Yang perlu Anda lakukan sekarang, pastikan kondisi paru-paru sudah bersih. Untuk itu, diperlukan foto rontgen paru-paru ulang. Protokol terapi paru-paru basah, setelah tuntas terapi enam bulan, dibuat foto ulang rontgen dan dibandingkan dengan kondisi foto sebelumnya, apakah sudah menyembuh. Tak cukup menyembuh saja, apakah sudah bersih total.

Bila setelah terapi enam bulan paru-paru masih belum tenang, terapi harus dilanjutkan, sampai proses infeksi sudah tiada. Jika tidak, penyakit paru-paru basah akan kembali aktif (reinfection).

Bila paru-paru sudah bersih, hal kedua yang perlu dilakukan, berupaya menjauh dari faktor-faktor pencetus alergi. Secara sosial, tertawa dan bernyanyi jangan dihentikan karena kita tidak sepanjang hari melakukan aktivitas itu.

Kebiasaan berteriak bisa dikurangi. Kerja keras yang sampai menimbulkan napas memburu bisa jadi pencetusnya. Setiap ada arus udara bertubulensi memasuki pipa pembuluh paru, seperti napas memburu, bisa meningkatkan produksi lendir.

Hindari buah bergetah

2. Saya tidak tahu ihwal obat tradisional untuk kasus Anda. Pantangan perlu dilakukan untuk jenis buah-buahan bergetah, seperti nangka, sawo, duku, mentimun, dan sejenisnya. Getah itu yang berpotensi merangsang bangkitnya reaksi alergi saluran napas. Mereka yang berbakat alergi juga bisa tak tahan terhadap alkohol, termasuk makanan minuman beragi, seperti tape ketan atau tape singkong, sehingga perlu menghindari semua itu.

Ingat pula semua produk kosmetik. Tak sembarang mengganti sabun, parfum, sampo jika sudah cocok satu merek.

Buat wanita, berlaku untuk lipstik, bedak, pewangi badan, dan segala yang memakai bahan kimiawi tertentu. Jangan lupa odol, cat rambut, dan bahan pakaian (biasanya nilon), serta karet elastis (pakaian dalam, tali BH), bahan metal pada kepala ikat pinggang, gelang, tali arloji, anting, kalung, dap perhiasan lain.

Mereka yang berbakat alergi perlu waspada kalau sedang berobat ke dokter. Tidak semua jenis obat bisa diterima. Perlu memberitahu dokter yang memeriksa, bahwa Anda berbakat alergi.

Dengan begitu, dokter dapat memilihkan obat yang tidak berpotensi mencetuskan alergi, khususnya golongan penisilin. Ada sederet jenis obat lain yang punya potensi pencetus alergi, termasuk vaksin, obat suntik, bahkan jamu dan herbal sekalipun.

Orang yang berbakat alergi perlu mengantongi obat antialergi di dompetnya. Sekiranya terjadi serangan reaksi alergi, sudah siap obat di saku.

Mengapa perlu seperti itu? Karena semakin dini obat antialergi diminum, semakin kecil manifestasi alergi muncul, sehingga tidak telanjur parah. Yang sangat ditakuti jika sampai muncul reaksi alergi yang parah, yakni StevenJohnson syndrome. Kulit mendadak seperti melepuh terkelupas, dan reaksi hebat terhadap organ dalam, yang bisa mematikan.

Perlu diinsafi gejala serangan alergi. Awalnya rasa kesemutan di sekitar mulut dan bibir jika tak cocok obat atau makanan/minuman tertentu. Begitu terasa seperti itu, langsung minum obat antialergi sebelum muncul gatal di kulit. Jika pusing dan reaksinya langsung parah, segera ke dokter.

Serangan alergi saluran pernapasan berupa serangan asma. Mendadak sesak napas. Mungkin sesak napas hebat, sehingga kulit sekitar mulut membiru, tanda paru-paru kekurangan oksigen. Biasanya tak cukup ditolong dengan minum obat karena perlu suntikan.

Alergi debu

3. Bersin-bersin yang sering terjadi sehabis tidur, itu khas orang alergi. Sumbernya debu rumah yang menumpuk di atas sarung bantal, kasur kapuk, seprei alas tempat tidur, sofa, dan lantai. Termasuk yang melekat di kipas angin, gorden, karpet, dan tumpukan koran majalah di kamar. Itu semua sumber debu alergi.

Jenis debunya bukan debu jalanan, melainkan debu di dalam rumah. Dalam debu ini terkandung tungau (kutu renik). Kutu renik ini yang mencetuskan alergi. Alhasil, setiap kali bangun tidur, jika kamar tidak bebas debu rumah, selalu bersin-bersin. Setiap kali bersin, lendir saluran pernapasan diproduksi lebih banyak, lalu terbatuk, semakin banyak lendir.

4. Jangan lupa menyedot, tak cukup menyapu dan mengepel saja, Singkirkan debu dari seluruh ruangan rumah, khususnya di kamar tidur.

Orang yang hanya bersin kalau baru bangun tidur, yang harus diperiksa justru kamar tidurnya, apakah sudah bebas debu rumah. Termasuk menyeka kipas angin dengan lap basah untuk meniadakan debu yang melekat, selain membersihkan saringan AC agar debu rumah tak bersarang.

Saya kira itu saja. Bakat alergi sukar dihapus. Yang dapat dilakukan adalah mencegah agar serangan tidak muncul. Selama tubuh tidak terpapar oleh faktor pencetusnya (allergen), akan sehat-sehat saja. Oleh karena itu, waspadailah faktor-faktor pencetus alergi. Salam sehat selalu.

Sumber: Senior




Other articles

Susu Beracun Sudah Menewaskan 432 Bayi
Mon, 15 Sep 2008 09:51:00 WIB
Tetap Segar & Berstamina Saat Puasa
Mon, 15 Sep 2008 09:04:00 WIB
Jelang Lebaran, Pasien Tunda Lakukan Operasi
Sat, 13 Sep 2008 09:46:00 WIB

 

 
Berita8 dotcom Indosiar.com Area www.sixreps.com
 
 
40%
kematian di usia muda pada orang dewasa disebabkan oleh kanker


 
Health Tips
 
Mon, 20 Oct 2014 14:58:00 WIB
Lima Kebiasaan Sehat Jokowi yang Patut Ditiru

 
Alternatif
 
Thu, 09 Oct 2014 16:53:00 WIB
Obati Asam Urat, Gunakan 5 Obat Herbal Ini

 
Natural Healing
 
Tue, 21 Oct 2014 15:14:00 WIB
Jokowi pun Minum Kunyit, Tengok 5 Manfaatnya