Penutupan Layanan CBN Cable Internet (Wed, Jun 4 2014)
  NEWS | TECH |TRAVEL |SHOPPING |ENTERTAINMENT |HEALTH |MAN |WOMAN| MAP |  
 
Hot Topic | Nutrition | Fit & Famous | Work Out | Natural Healing | Health Info | Medical Directory | Narkoba
 
   
Fitness Consultation  
 




Menu makan sehat & Jadwal latihan yang baik
Fitness Consultation Fri, 21 Feb 2003 00:00:00 WIB


Question:

Apa kabar Kak Aderay,

Kak saya berkeingin membentuk tubuh, tapi sampai sekarang saya masih bingung tentang menu makanan dan jadwal latihan yang bisa menunjang dalam pembentukan tubuh yang ideal, kak ade bisa gak saya minta menu makanan dan jadwal latihan yang biasa kak ade terapkan dan bagaimana membentuk otot tubuh yang benar ?
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih dan saya tunggu jawabannya.

Teddy


Teddy Rachman ~ Tangerang - Banten     

Answer:

Kepada YTH Teddy di Banten,
Pertama-tama saya akan jawab mengenai latihan terlebih dahulu. Untuk
seorang pemula saya menyarankan untuk melakukan latihan weight training 3 kali dalam 1 minggu dengan selang istirahat 1 hari (misalnya: senin, rabu, jumat) dan perlu diingat juga bahwa setiap jenis otot memerlukan 2x24 jam (kecuali otot-otot perut, betis, forearm) untuk recovery jadi hal ini perlu anda ingat untuk menentukan otot-otot apa saja yang anda ingin latih. Misalnya: hari Senin anda melatih otot-otot kaki anda. Kemudian, istirahat satu hari, lalu hari Rabu anda latihan otot-otot dada dengan otot bahu anda, kemudian istirahat 1 hari, hari Jumat anda melatih otot-otot punggung dan lengan anda. Untuk jumlah set lakukan maksimum 10-12 set otot-otot seperti: dada, punggung, bahu dan kaki anda dan maksimum 8-10 set untuk otot-otot lengan anda (jumlah-jumlah set ini dapat anda bagi menjadi 2-3 variasi latihan mis: Anda melakukan 12 set untuk otot dada anda, maka variasi latihannya bisa sebagai berikut: 3 set bench press, 3 set incline press, 3 set decline press, dan 3 set pullover). Untuk jumlah repetisi pilihlah repetisi dengan beban yang hanya dapat anda angkat 8-10-12 repetisi. Untuk durasi berlatih yang baik adalah 45 menit sampai 60 menit dengan istirahat antar set selama 1 menit. Lakukanlah variasi dalam memilih jenis-jenis latian agar otot anda tidak mengalami kejenuhan (sehingga mengalami stagnasi dalam perkembangannya), ubahlah variasi dalam jenis latihan anda setiap 1 bulan sekali agar anda dapat menemukan jenis-jenis latihan yang terbaik dan tepat untuk diri anda.

Untuk masalah menu makanan, sebenarnya hal ini di sesuaikan dengan selera masing-masing orang. Yang perlu anda ingat dalam menyajikan menu makanan sehat ialah penggunaan kandungan-kandungan seperti mecin, gula, garam, minyak jumlahnya dikurangi/dibatasi untuk mendapatkan rasa pada makanan dapat anda gunakan bumbu-bumbu dapur alami alami/rempah-rempah alami (lada, merica, kunyit, jahe, cabai, ketumbar, bawang merah, bawang putih, dsb.) Untuk cara memasaknya dapat anda pilih berbagai macam cara mulai dari mengkukus, rebus, bakar, dsb (asal tidak menggoreng). Dalam menyiapkan menu sehat di dalamnya haruslah terkandung karbohidrat yang cukup untuk berlatih pilihannya mulai dari nasi putih, merah, kentang, ubi, gandum, dsb dan protein sebagai reovery otot. Protein berasal dari dada ayam, putih telur, tuna, kacang-kacangan dsb.

Demikian tips dan saran dari saya semoga dapat membantu anda dalam berlatih. Sukses dan selamat berlatih.

Irwan Hermawan,SE (Litbang Divisi Media Klub Ade Rai Group)




Other articles

Konsumsi suplemen
Mon, 17 Feb 2003 00:00:00 WIB
Bokong yang seksi
Fri, 14 Feb 2003 00:00:00 WIB
Kursus Untuk Instruktur Fitness/Body Building
Fri, 14 Feb 2003 00:00:00 WIB

 

 
The Globe Journal Nonblok.com SuaraMerdeka Gatra
 
 
40%
kematian di usia muda pada orang dewasa disebabkan oleh kanker


 
Health Tips
 
Thu, 18 Dec 2014 10:01:00 WIB
Tips Makan Banyak dan Tetap Langsing Saat Natal

 
Alternatif
 
Fri, 19 Dec 2014 15:14:00 WIB
Madu Terbukti Ampuh Sembuhkan Sariawan

 
Natural Healing
 
Sat, 20 Dec 2014 15:18:00 WIB
Lima Rahasia Sehat Buah Mulberi